Saturday, April 20, 2024
HomeMusicApa Saja Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Apa Saja Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

 

alat musik dawai
alat musik dawai

Alat musik merupakan suatu benda yang digunakan untuk menghasilkan bunyi atau suara.

Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya berdasarkan Info Viral.

Alat musik dawai
Alat musik dawai adalah jenis alat musik yang menghasilkan bunyi dari getaran dawai atau senar yang dipegang atau dipetik. Contoh alat musik dawai antara lain gitar, biola, cello, dan kontrabas.

Alat musik tiup
Alat musik tiup menghasilkan bunyi dari getaran udara yang mengalir melalui tabung atau rongga dalam alat musik tersebut. Contoh alat musik tiup antara lain terompet, seruling, trombon, klarinet, dan saksofon.

Baca juga : Musisi-Musisi Luar Modern Hiphop

Alat musik perkusi
Alat musik perkusi menghasilkan bunyi dari benturan atau getaran pada permukaan alat musik. Contoh alat musik perkusi antara lain drum, marakas, gong, xylophone, dan triangle.

Alat musik elektronik
Alat musik elektronik menghasilkan bunyi dengan menggunakan teknologi elektronik, seperti synthesizer dan keyboard. Bunyi yang dihasilkan dapat berupa suara alat musik tradisional atau suara buatan yang lainnya.

Alat musik gesek
Alat musik gesek menghasilkan bunyi dari getaran busur yang ditarik pada senar yang tegang. Contoh alat musik gesek antara lain biola, viola, dan cello.

Alat musik pukul
Alat musik pukul menghasilkan bunyi dari benturan pada permukaan alat musik. Contoh alat musik pukul antara lain drum, gendang, marimba, dan timpani.

Alat musik keyboard
Alat musik keyboard adalah jenis alat musik yang mempunyai papan kunci seperti piano dan organ. Bunyi yang dihasilkan berasal dari suara yang dihasilkan oleh alat musik elektronik.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments