Monday, February 26, 2024
HomeMusicAsal Usul Dan Sejarah Tamborine

Asal Usul Dan Sejarah Tamborine

Asal Usul Tamborine
Asal Usul Tamborine

Asal Usul dan Sejarah Tamborine: Memperkenalkan Alat Musik Tradisional dari Australia

Tamborine adalah salah satu alat musik yang telah dikenal oleh masyarakat dunia. Alat musik ini terdiri dari sebuah lingkaran kayu atau logam dengan jingling di sekitar tepinya. Nama tamborine sendiri berasal dari bahasa Prancis yang berarti “kocokan kecil”. Berdasarkan Info Viral.

Meskipun tamborine dikenal di seluruh dunia, asal usulnya sebenarnya berasal dari benua Australia. Alat musik ini awalnya digunakan oleh suku Aborigin Australia sebagai alat musik dan ritual. Mereka menggunakan kulit binatang atau kulit kanguru sebagai bahan untuk membuat drum, dan menambahkan jingling di sekitar tepi drum untuk menghasilkan suara yang unik dan menarik.

Seiring dengan perkembangan zaman, tamborine mulai populer di kalangan penduduk Eropa dan Amerika Utara pada abad ke-18 dan ke-19. Alat musik ini banyak digunakan dalam berbagai genre musik seperti folk, blues, jazz, dan rock.

Baca juga : Asal Usul Dan Sejarah Cajon

Di Indonesia, tamborine sering disebut dengan nama “gendang kecil” dan digunakan dalam musik tradisional seperti gamelan dan tari-tarian daerah. Meskipun nama dan penggunaannya agak berbeda, tetapi asal usul dan sejarah tamborine yang berasal dari Australia tetap terkenal hingga saat ini.

Namun, ada juga beberapa alat musik tradisional lainnya dari Australia yang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Beberapa di antaranya adalah alat musik seperti didgeridoo, bullroarer, dan clapsticks. Kedua alat musik ini juga memiliki sejarah dan keunikan tersendiri yang tidak kalah menarik dengan tamborine.

Kesimpulan

Tamborine adalah salah satu alat musik yang telah dikenal di seluruh dunia. Asal usulnya berasal dari Australia, dan digunakan oleh suku Aborigin sebagai alat musik dan ritual. Meskipun nama dan penggunaannya agak berbeda di berbagai negara, tetapi tamborine tetap menjadi salah satu alat musik yang populer hingga saat ini. Di Indonesia, tamborine sering disebut dengan nama “gendang kecil” dan digunakan dalam musik tradisional seperti gamelan dan tari-tarian daerah.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments